Info 081374094977-Selamat Datang di Blog Adventure in Lubuk Aluang - Nikmati keindahan alamnya dan terus perbarui rasa Syukur kepada Sang Maha Pencipta Alam - Air Terjun Nyarai dan Gua Ngalau (Informasi:081374094977)

Wednesday 15 May 2013

5

Tips Hiking ke Air Terjun


Untuk mencapai lokasi kita akan menyusuri hutan tropis Gamaran khas Lubuk Alung, jalanannya sedikit menanjak dan becek, dan juga akan menyusuri sungai. Ada beberapa tips yang di sarankan agar rekan-rekan enjoy hiking ke Air Terjun Nyarai, Belek, Babang dan Tapian Puti di Lubuk Alung.
    1. Sepatu atau Sendal
Gunakanlah sepatu kulit yang bergerigi, sepatu kulit ini sering dipakai oleh para petani karet di hutan. Kalo dalam bahasa minangnya “Sepatu Gambia” warnanya hitam dan ada juga yang putih. Sepatu ini cocok digunakan di segala medan, baik berjalan di jalan yang becek atau memasuki air menyusuri sungai. Jika menggunakan sepatu gambia, pakailah kaos kaki untuk menghindari lecet pada kaki.
Bisa juga menggunakan sandal gunung, disarankan sandal gunung yang mempunyai tali, melilit ke semua bagian kaki dan tapak yang bergerigi.



    2. Vampir Lunak atau Pacet
Pacet atau dalam bahasa minangnya acek, kadang sering kita jumpai dalam perjalanan. Binatang ini tidak berbahaya tapi terkadang menggelikan, ada beberap tips untuk menghidarinya
a.Tembakau di campur dengan air, usahakan kadar tembakau lebih
   banyak dari pada air, dan
   oleskanlah ke kaki. Biasanya pacet nggak nahan jika mencium
   aroma tembakau
b. Pakai autan lotion anti nyamuk dan oleskan ke kaki.
c.     Pakai balsem, bau khas balsem ternyata juga tidak sukai oleh pacet, oleskan secara merata tapi
     jangan terlalu berlebihan.
Bagaimana jika pacetnya sudah terlanjur menempel dan menghisap darah kita? Berikut beberapa alternatif untuk membuang pacetnya.
a.     Ambillah pacet yang menempel dengan tembakau, tapi jangan langsung di tarik, nanti akan
     menyisakan luka.
b.    Teteskan minyak angin ke pacetnya dan biarkan dia perlahan-lahan pergi
c.     Bisa juga mengoleskan balsem
d.     Membasahi pacet dengan alkohol
e.     Jika tidak punya peralatan diatas, kita juga bisa menggunakan air liur. Ludahi tangan kita, dan
     gunakanlah air liar untuk mengangkat pacetnya.
   3.  Bekal
Bekal wajib di bawa, karena untuk makan siang di lokasi air terjunnya. Bawa bekal secukupnya dan bawa air mineral minimal 2 botol ukuran sedang. Bisa juga cukup membawa nasi saja, dan ikannya di tangkap di Air Terjun (Air Terjun Nyarai), karena di Air Terjun Nyarai banyak sekali ikan.
Sekian tips-tips dari saya, semoga bermanfaat

Trimakasih
Ritno Kurniawan

5 comments:



AYO BERWISATA DAN BERPETUALANG DI LUBUK ALUNG