Info 081374094977-Selamat Datang di Blog Adventure in Lubuk Aluang - Nikmati keindahan alamnya dan terus perbarui rasa Syukur kepada Sang Maha Pencipta Alam - Air Terjun Nyarai dan Gua Ngalau (Informasi:081374094977)

Sunday, 5 May 2013

56

Air Terjun Nyarai

Posted in , , , , ,


Lubuk Alung – Air Terjun Nyarai merupakan salah satu air terjun terindah yang kami temukan di Sumatera Barat. Air Terjun ini terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Butuh waktu 2 sampai 3 jam untuk mencapai air terjun, jika mulai berjalan dari mulut hutan.
Perjalanan ke air terjun di awali dengan melewati persawahan warga, setelah itu menyusuri hutan ulayat atau hutan warga gamaran.
Selama perjalanan kita akan melewati beberapa lubuak yang indah, ada Lubuak Lalang, ada Lubuak Ngugun, kolam dari batu yang terbentuk alami, selanjutnya Lubuak Batu Tuduang, di lubuak ini potensi ikannya banyak, dan Sikayan tabiang.
 Rute yang dilalui tidak berbahaya, jika tidak di guyur hujan jalan yang di lalui sangat menyasikkan. Diperlukan 2 sampai 3 kali istirahat, istirahat pertama di dalam hutannya, istirahat kedua di penyebrangan.
Air Terjun Nyarai, jika dideskirpsikan tinggi air terjun ini kira-kira 7-8 meter, jika musim panas guyuran airnya tidak terlalu deras. Hal yang menarik dari air terjun ini adalah kolam besar, dengan air bewarna kehijauan, kolam ini tepat berada di depan air terjun.
Aliran air dari air terjun ke kolam, di bendung oleh dua batu seperti pintu, seperti bendungan yang mengatur debit air yang masuk dari kolam. Semua sisi yang saya ceritakan terbuat secara alami.
Air Terjun Nyarai juga menyimpan potensi menarik lainnya, di dalam kolam hijau tersebut ada ikan, ikan bisa ditangkap dengan pistol tombak atau dengan memancing. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menangkap ikan dengan pistol tombak, karna harus menyelam sambil kejar-kejaran dengan ikan. Rasa ikannya luar biasa, enaaak !!!. Dagingnya lembut sekali, manis dan gurih. Manis karena rasa dagingnya dan gurih karena kulitnya.
Jadi disini kita bisa berenang sepuasnya, menangkap ikan dan bermain ayunan dari akar pohon. Waktu tidak akan terasa selama di air terjun, yang dirasakan adalah rasa senang dan ucap syukur kepada Maha kuasa atas ciptaannya.

Trimakasih
Ritno Kurniawan
loramalunkblog
Air Terjun Nyarai
loramalunkblog
Saatnya makan
loramalunkblog
Air Terjun Nyarai
loramalunkblog
Air Terjun Nyarai
loramalunkblog
Air Terjun Nyarai
loramalunkblog
Nyarai
loramalunkblog
Nyarai
loramalunkblog
Nyarai
loramalunkblog
Nyarai
loramalunkblog
Nyarai
loramalunkblog
Nyarai
loramalunkblog
Nyarai
loramalunkblog
Nyarai
lubukaluangblog
Nyarai
loramalunkblog
Mencari Ikan

56 comments:

  1. bisa, ada byk spot camping d sana,

    ReplyDelete
  2. wonderful west sumatera. just about 30 minute from International Minang kabau Airport to the village where we can start adventure to this place "aie nyarai" or watering canyon in english. be the first foreigner come to this place. its about 2-3 hiking from nearest village. paradise for treckker

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. for u guys, can get some information about this place in my facebook (yanda.joe8@gmail.com)
    my pleasure can sharing happines for everybody......

    ReplyDelete
  5. indah..... harus di sempatkan kesini nih, hehe
    salam

    ReplyDelete
  6. keren,,
    Sumbar memang Luar Biasa,
    bnyak bgt destinasi wisatanya yg cantik2

    ReplyDelete
  7. event, sunday may 19, 2013 treckking to aie nyarai
    wanna join?
    call admin thanks

    ReplyDelete
  8. Betul..subhanallah indah, d tunggu kedatangannya d Lubuk Alung

    ReplyDelete
  9. yo rancak pamandanganyo... Kalau ada waktu akan dikunjungi

    ReplyDelete
  10. keren ya,,,,gak sabaran mau kesana

    ReplyDelete
  11. Aie Tajun Nyarai, Subhanallah sekali pemandangannya.... :)
    surga dunia yg patut dilestarikan,
    walaupun menguras tenaga menuju tempat itu, tapi semuanya terbayar dengan pesona yg ditawarkan, kedamaian dan ketengan menyatu dg alam itu rasanya tak bisa dilukiskan...
    pokoknya keren banget lah...
    bagi teman2 yg udah punya niat kesana, buru di realisasikan :D
    Rasakan sensasinyaa...
    juga buat pecinta fotografi, spotnya cetar banget lah...
    hehee...
    *terimakasih sangat kepada bg ritno yg sudah memperkenalkannya, sehingga saia bisa kesana :)

    ReplyDelete
  12. Baa caronyo kasinan da..??? Kalau ingin camping baa caronyo..???

    ReplyDelete
  13. hubungi ajo nmr yg tertera d kiri atas,

    ReplyDelete
  14. izin share y mimin.. :D

    ReplyDelete
  15. Sumatra barat juga punya "GREEN CANYON" asekkkk :D

    ReplyDelete
  16. awak urang lubuk alung,,tp dak tau ado fenomena alam nan sagagah ko,,tarimo kasih uda2 n rekan,,,telah mebuat blog ini dan jadi tau,,,awak harus kasitu,,INSYA ALLAH.

    ReplyDelete
  17. wisata alam indonesia yang menakjubkan uda... saya dulu pernah ke sumatera barat tp tidak tahu ada temapt seindah ini,,

    ReplyDelete
  18. kak ,mantap betul kak
    sukseskan

    ReplyDelete
  19. kereeennn....!!!!!!!!!
    very nice,, amazing..!!
    thanks to bg yanda and friends..

    ReplyDelete
  20. hahaha... #anonim siapakah dirimu sebenarnya???

    ReplyDelete
  21. Wah.....baru tau klo di LA ada area yg sangat indah....insya allah bln 10 ini awaq ado jalan ke LA klo sabtu mggu bisa kan kita ktm an om admin ??
    Ajak ane ke sana ya....
    Hehehhehe salam jo dunsanak kasadonyo...dari rangkayo malin.....di parantauan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lai siap, maaf baru bls, utk lebih jelas silahkan hubungi bng ritno (081374094977)

      Delete
  22. Mengalahkan Tapian Puti Kayaknyo.

    ReplyDelete
  23. aslkm dunsanak, mohon petunjuk dari ma start nyo pai ka nyarai water fall tu? wslm

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan caliak d halaman FBnyo sanak, namonyo Air Terjun Nyarai

      Delete
  24. .senin besok bisa kesitu bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap, silahkan konfirmasi ke bng ritno (081374094977)

      Delete
  25. bsa dibuatkan denahnya ngk kak/bang????
    klo bsa dari jalan rayanya bg/kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan berkunjung k FB Air Terjun Nyarai :D insyaallah d sana ada denahnya

      Delete
  26. Replies
    1. Utk admnya 20rb/org, sudah termasuk biaya parkir n jasa guide, semua dana masuk kas dan dipergunakan untuk pembelian fasilitas pendukung wisata Air Terjun Nyarai, spt beli Perlengkapan P3K, Radio Rig, HT, Buku Tamu registrasi, Rompi pemandu dll sbgnya

      Delete
  27. baleh lah da, mambana wk da. 2000 ko da a

    ReplyDelete
  28. da kalau nio camp di situ baa sistem registrasinyo..?

    kemudian bara bajet nyo.,.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa febi, kalo camping d Nyarai admnyo 40rb/org, sudah termasuk biaya parkir kendaraan dan jasa 2 orang guide, guide yang mendampingi adalah pemandu ahli yang mengerti dgn Hutan Gamaran dan bisa menangkap ikan,
      Trimakasih

      Delete
  29. bisa langsung pulang dalam 1 hari tu ndak... berapa biaya untuk jasa pemandunya... dan ada biaya adm nya /orangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung pulang dalam sehari, biayanya 20rb/org

      Delete
  30. sumbar mmg surganya tempat wisata alam..mari kita semua merawat dan melestarikannya...semoga suatu saat pas pulkam bisa kesini...

    ReplyDelete
  31. Tarimo kasih untuak infonyo yo da.

    ReplyDelete
  32. salah satu tempat wisata yang ada di sumatera Barat ,atau tepatnya di padang pariaman .atau nagari Lubuak Aluang,jangan anda lewatkan ,penuh dengan tantangan''

    ReplyDelete
  33. bisa bawa sepeda ga da, disambil ngecamp disana da?

    ReplyDelete
  34. mantap..
    info yg menarik..
    kunjungi kami di memasak sambil wisata
    terima kasih

    ReplyDelete
  35. Bg tolong buatkann denah ƔªϞƍ bagus...dan dari mana masuk...soalnya kami dri pemuda hasper kel. Padang sarai dekat batas kota insya allah mau kesana bulan juni di perkirakan tanggal 7 dan 8 sekaligus kami mau kemping

    ReplyDelete
  36. Kereen... saing2an sama diamond pool krabi thailand, smoga terakomodir dengan baik, wisatawan jg harus di ksih edukasi ttp jaga lingkungan, biar ttp asri brsih dr sampah, tmptnya jg harus sering direvitalisasi biar sll terjaga keindahannya, dan ga ada calo wisatawan, yg penting wisatawan harus nyaman.. g kaya tmpt2 wisata di sumbar yg prnah saya kunjungi, sama sekali g nyaman krna tidak dirawat dgn baik dan banyak calo, sumbar itu sangat indah dan kaya tpt wisata, g kalah kok sama negara2 lain... saatnya kita berfikir tpt wisata kita harus bisa berskala internasional, smoga penduduknya bisa menjaga dengan baik...

    ReplyDelete
  37. MANTAP... Alhamdulillah pernah kemari, lumayan perjuangannya, huahhaaa... sempat 3X berhenti istirahat kecapaian jalan, jalan terjal licin bertanah liat karna habis hujan. kami berombongan 7 orang kemari, sempat mandi dan foto2, kalu kehausan jangan khawatir, karna di hulu air terjun mininya, cuma mendaki dikit, disitu ada mataair 'perawan' yg masih sangat alami, layak minum, rasa tawar enak, segarrr.. you should try it..!! moga tetap dijaga asri biar... biar bisa menjadi kebanggaan LUBUK ALung... HIGHLY RECOMMENDED..!!
    TRUST ME....!!!!!

    ReplyDelete
  38. Apo harus bakalompok yo da? Kalau dari parkiran ka aia tajun tu apo ndak bisa pakai sepeda yo da?

    ReplyDelete