Info 081374094977-Selamat Datang di Blog Adventure in Lubuk Aluang - Nikmati keindahan alamnya dan terus perbarui rasa Syukur kepada Sang Maha Pencipta Alam - Air Terjun Nyarai dan Gua Ngalau (Informasi:081374094977)

Saturday, 20 August 2016

2

Membuka Mata Kehidupan di Rimba Gamaran, Merintis Wisata Minat Khusus Air Terjun Nyarai




Sehelai Sejarah Merintis Nyarai
Foto saat pertama kali merintis ke Nyarai bersama rekan-rekan dan edi amin
Perkenalkan nama saya Ritno Kurniawan, kecintaan saya akan ranah minang membuat saya pulang kampung. Walau tidak tahu akan apa yang saya perbuat dikampung, tapi saya tetap berusaha, berdiskusi, dan berdo'a agar jalan saya yang tempuh diridhoi Allah SWT.
Sewaktu masih kuliah di Jogja, saya sering mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Jogja. Tempat-tempat tersebut menurut saya sederhana dan biasa, tapi masyarakatnya yang luar biasa, masyarakat setempat bisa mengemas tempat objek wisata tersebut menjadi luar biasa. Hal itulah yang membuat tinggi hasrat saya untuk pulang kampung, dan sangat ingin hal yang sama di Lubuk Alung, dengan apa yang saya lihat di Jogja. Saya berfikir kampung saya malah lebih bagus dari tempat-tempat wisata ini tapi kenapa tidak berkembang, "fikir saya".
Mulai lah saya berkeliling Lubuk Alung dengan sepeda, terhitung sebulan saya mengayuh sepeda sekedar menikmati alam Lubuk Alung. Pada suatu saat saya bertemu dengan Kak Firdaus, senior saya waktu pramuka, saya sampaikanlah angan-angan saya untuk mengembangkan pariwisata di Lubuk Alung. Respon beliau positif, dan malah mendukung saya, mulailah kami mengunjungi tempat terselubung yang ada di Lubuk Alung.
Pada bulan Februari 2013 Kami memulainya dengan mengunjungi tempat yang sudah dikenal masyarakat, tapi tempat tersebut sudah lama di tinggal, seperti Gua Ngalau Anak Aie Ilang, Sungai Asam Pulau dan Tapian Puti. Kami terus menggali informasi tempat-tempat terselubung yang ada di Lubuk Alung. Kami mendapat kabar ada Air Terjun di Jorong Gamaran, Korong Salibutan. Kami menemui warga sang pemberi informasi, namanya Edi, beliau mengajak kami melihat Air Terjun Belek. Air Terjun yang indah ini saya publikasikan di dunia maya, tapi tidak mendapat respon yang bagus dari pecinta dunia maya.
Kami tidak menyerah, kami mulai menggali informasi berikutnya dan mendapat kabar lagi oleh da Edi, kalau ada satu lagi Air Terjun dengan Lubuk yang indah terletak di Hutan Gamaran. Kami pun mengajak beberapa rekan untuk hiking ke sana.
Setiba di Nyarai sontak kami takjub melihat keindahan air Terjun ini, seharian kami menikmati keindahan Air Terjun Nyarai dengan mandi, memancing dan tentunya berfoto-foto. Sayapun heran, kenapa tempat seperti ini tidak dikelola menjadi tempat wisata, sejak itu saya memiliki niat untuk mengembangkan tempat ini menjadi tempat wisata. Esok paginya saya langsung mengupload foto-foto tersebut ke Facebook dan Twitter. Saya kaget, respon dari pecinta dunia maya sangat positif, banyak yang penasaran dimana tempat Air Terjun Nyarai ini berada, bahkan ada beberapa pecinta dunia maya meragukan keberadaan Air Terjun ini di Sumatera barat dan ada juga yang meragukan keaslian foto saya, mereka yakin foto yang saya upload telah editan atau olah digital.
Foto Air Terjun Nyarai yang pertama kali saya upload di Media Sosial
Minggu berikutnya, saya langsung mengajak beberapa rekan yang penasaran tersebut ke Air Terjun Nyarai, mereka pun terkejut dan kagum melihat keindahan tempat terselubung ini, dan diantara mereka merasa puas akan keindahan tempat ini, dan mengabarkannya di dunia maya.




Meyakinkan Niniak Mamak dan Masyarakat
Beberapa hari setelah itu saya bersama teman-teman serius mengembangkan tempat ini menjadi tujuan wisata, dengan melibatkan masyarakat di dalamnya. Kami pun mengabarkan tujuan kami ini kepada pemuka masyarakat dan pemuda setempat di rapat laga-laga Gamaran, banyak di antaranya warga menolak tujuan kami ini, karena takut mata pencariannya terganggu. Rata-rata masyarakat di Gamaran menebang kayu di Hutan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Mereka tau kegiatan ini illegal dan beresiko, tapi mereka tidak punya pilihan. Jadi mereka beranggapan jika kegiatan ini wisata ini berjalan bersamaan dengan aktivitas mereka menebang kayu di hutan, mereka takut akan banyak saksi untuk mengantarkan mereka ke pihak berwajib.
Saya dan rekan-rekan mencari solusi lain agar kegiatan ini bisa direstui oleh niniak mamak setempat, kami mulai mendatangi niniak mamak yang berpengaruh di desa tersebut, dan menyampaikan maksud dan tujuan kami. Saya pada waktu itu berharap agar mendapat dukungan dari niniak mamak yang saya temui di rapat berikutnya. Ternyata beberapa niniak mamak yang kita temui merestui akan tujuan kami, dan mereka menyarankan agar untuk hadir pada rapat berikutnya, dan menyampaikan tujuan tersebut di forum rapat di laga-laga Salibutan.
Pertemuan dengan pemuda setempat untuk menngelola nyarai menjadi objek wisata
Pada pertemuan berikutnya di laga-laga Salibutan saya dan beberapa rekan memberanikan diri untuk ikut rapat, kali ini saya meyakinkan niniak mamak atau pemuka masyarakat, bahwa kegiatan wisata di Nyarai tidak akan mengganggu aktivitas mereka di hutan. Kegiatan wisata jalan dan kegiatan masyarakat di hutan tetap jalan. Beberapa niniak mamak, tokoh masyarakat dan pemuda memberi kami kesempatan untuk mengembangkan wisata Air Terjun Nyarai. Saat itu kami senang dan mulai menyusun strategi pengembangan wisata. Beberapa niniak mamak yang masih ragu akan kegiatan ini, kami datangi beliau sambil silahturahmi ke rumahnya, dan Alhamdulillah respon beliau Positif

Mempromosikan Air Terjun Nyarai
Saat perkenalkan Air Terjun Nyarai di Event Tour de Singkarak 2013
Kami mulai melakukan promosi kebeberapa tempat dan event. Salah satunya event Tour de Singkarak Tahun 2013, kami mempromosikan nyarai dengan menyebar beberapa brosur dan memperkenalkan nyarai kepada semua orang yang sedang menyaksikan event tahunan tersebut, dan semuanya kami lakukan dengan swadaya biaya sendiri atau pribadi.
Promosi yang dilakukan dengan menyebar brosur yang di print sendiri, beberapa ofisial TDS dan media kita datangi sembari mencarikan keindahan Air Terjun Nyarai dan kegiatan kita dengan masyarakat di Nyarai. Banyak orang yang tidak tahu akan keberadaan Air Terjun ini, hal tersebut di rasa wajar karena tempat ini dulunya tertutup oleh hutan, dan berada di dalam hutan yang memerlukan akses masuk yang sulit untuk bisa sampai ke dalamnya.           
Saat mengenalkan Air Terjun Nyarai ke Disporabudpar Pd Pariaman
Berbagai cara dilakukan agar Air Terjun Nyarai mendapat perhatian dari berbagai kalangan, saya pun mempromosikan dan melaporkan kegiatan kami bersama masyarakat di Nyarai kepada pihak dinas Pariwisata Kab. Padang Pariaman, dan Alhamdulillah responnya positif. Dan malahan beberapa orang di dinas Pariwisata berniat ingin trekking ke Air Terjun Nyarai
Promosi di internet terus gencar kami lakukan, kami saling mengshare foto satu sama lain, saya pun membuat blog khusus Nyarai dan ngetwit di Twitter tiap waktu. Alhamdulillah kegiatan ini terus mendapat respon positif dari kalangan pecinta dunia maya. Rekan yang sudah datang ke Nyarai pun mempunyai andil yang luar biasa dalam mempromosikan Nyarai, mereka silih berganti mengganti foto mereka dengan latar Air Terjun Nyarai dan satu sama lainnya mengajak temannya untuk hiking atau trekking ke Nyarai

Mengajak Masyarakat menjadi Pemandu Wisata
Seiring perkembangan pengunjung dan bertambahnya jumlah kunjungan, kami mulai mengajak masyarakat menjadi pemandu wisata, dengan upah seadanya. Awalnya kami belum menerapkan atau mematok biaya kepada para pengunjung, tapi hanya uang sumbangan semata. Dana uang sumbangan tersebut di gunakan untuk pemandu wisata yang mengantar pengunjung tersebut. Seiring bertambahnya jumlah kunjungan kami mulai merekrut beberapa warga untuk menjadi pemandu, kita berupaya memberikan contoh dan informasi cara memandu yang baik ke warga dan melakukan rangkaian registrasi pengunjung, agar diharapkan kelak warga tersebut bisa melakukannya.
Kami berupaya menyadarkan mereka bahwa kegiatan di hutan tidak selamanya akan bertahan, tapi kegiatan wisata bisa bertahan lama asal mereka yakin untuk menjalaninya. Beberepa orang pemuda sudah mulai banyak mengikuti kegiatan ini, pada bulan April-Mei 2013 sudah ada 25 Pemandu Wisata aktif yang memandu pengunjung ke Air Terjun Nyarai. Pada tahun 2014 sudah bergabung 115 warga dan pada tahun 2015 sudah bergabung 165 warga sebagai pemandu wisata.

Pembentukan Kelompok Sadar Wisata
Pada akhir Mei 2013 saya membentuk Kelompok Sadar wisata yang kami beri nama L.A Adventure. Kelompok ini beranggotan 5 orang, yaitu saya sendiri Ritno, Firdaus, Yanda, Edi dan Aan. Beberapa hari berikutnya saya menghubungi Bpk Dasril, untuk meminta arahan beliau tentang arah pengembangan wisata ini, dan meminta beliau untuk menjadi Pembina. Arahan, wejangan dan suppor banyak beliau berikan kepada kami, dan dari sinilah kami mulai membuat AD/ART organisasi dan melengkapi struktur.
Kami mengajak beberapa masyarakat untuk bergabung di Pokdarwis L.A Adventure, dan merapatkan barisan serta berupaya untuk meningkatkan kegiatan wisata yang telah beberapa bulan kami lakukan. Manajemen dan administrasi terus kami benahi untuk mempermantab pengelolaan dan kerja kami dilapangan. Sampai saat sekarang anggota pokdarwis L.A Adventure berjumlah 23 orang, dari sebelumnya 5 orang. Kami mengajak masyarakat atas dasar peduli terhadap mereka, dengan ingin mensejahterakan mereka, dan ingin sekali melihat lingkungan hutan terjaga, agar bisa di nikmati anak cucu kita kelak.

Manfaat Kegiatan bagi Masyarakat
Ekonomi
Salah satu warung warga di rimba gamaran
Dulunya 80% masyarakat di Gamaran mata pencariannya adalah penebang kayu di hutan, kegiatan menebang kayu terus berkurang seiring perkembangan wisata di Gamaran. Secara ekonomi masyarakat di Gamaran sangat terbantu akan kegiatan wisata ini, sejak kegiatan wisata kita buka April 2013 sampai sekarang, sudah ada 20 warung yang buka dan dua diantaranya warung makan. Jual beli masyarakat di kampung sangat tergantung terhadap kunjungan wisata, jika kunjungan wisata banyak maka secara tidak langsung masyarakat akan di untungkan.
Mata pencarian masyarakat juga bertambah, yakni sebagai pemandu wisata. Masyarakat yang memandu setiap pengunjung atau rombongan akan diberi gaji Rp. 80.000, sedangkan untuk pemandu camping akan di gaji Rp. 150.000.
Lingkungan
Lingkungan hutan juga terselamatkan akan kegiatan ini, dimana masyarakat sudah jarang menebang hutan di Gamaran, karena masyarakat yang dulunya penebang kayu di hutan, kini telah beralih menjadi pemandu wisata trekking ke Air Terjun Nyarai. Secara tidak langsung keasrian hutan lindung dapat terjaga dengan baik, walau kita akui memang masih ada oknum yang masih menebang dan membuka lahan dengan cara membakar di hutan.
Diperkirakan dulunya di Gamaran, ada 10-20 batang kayu di tebang perharinya, tapi di perkirakan sekarang kayu yang di tebang sudah mulai berkurang yaitu 2-3 batang kayu/harinya.
Berbagai cara terus kita lakukan untuk menjaga lingkungan hutan Gamaran, yang menjadi paru-paru di Sumatera Barat, seperti pelatihan-pelatihan, penghijauan, pengurusan hutan nagari agar masyarakat menjadi bijak dan cerdas untuk mengelola hasil hutan non kayu dan tentunya menambah kegiatan baru dan variatif di Wisata Minat Khusus Air Terjun Nyarai seperti bird watching dan menombak ikan, yang semuanya memberdakan masyarakat.

Sosial Kemasyarakatan
Masyarakat di Gamaran dulunya terkotak oleh tumpak dan suku, sampai-sampai mesjid dibuat berbeda persuku. Banyak selisih paham yang terjadi akibat pembentukan kelompok kecil adat ini. Tapi semenjak adanya posko nyarai, yang merupakan tempat berkumpulnya para pemandu, seiring waktu rasa kekeluargaan mulai muncul antar pemandu dan masyarakat pada umumnya. Kebersamaan yang sering dilakukan diposko walau hanya sekedar berbincang membuat masyarakat di Gamaran bersatu dan kompak
Seni dan Budaya
Penampilan randai sanggar seni sekapur sirih-Air Terjun Nyarai
Dulunya ada sanggar seni ini terkenal di era 90-an, sanggar seni ini sering tampil di kegiatan adat nagari dan Kabupaten, tapi karena berkurang jumlah pemain dan tidak adanya dana sanggar seni inipun mati.
Sejak adanya kegiatan wisata di Nyarai, dana yang terkumpul kita sisihkan untuk bantuan sanggar seni, dan sanggar seni ini mulai bangkit kembali setelah kita subsidi beberapa kali. Para pelatih pun dari masyarakat setempat dengan memberdayakan pemuda-pemudi yang ada di Gamaran.
Pemandu Wisata
Pemandu merupakan salah satu unjung tombak pelaku wisata di Air Terjun Nyarai, lancar dan sukses kegiatan Nyarai tergantung pelayanan pemandu terhadap pengunjung. Jumlah pemandu dari tahun ke tahun terus bertambah, hal ini di karenakan adanya azas manfaat faktor ekonomi yang di rasakan masyarakat. Berikut perkembangan jumlah pemandu dari tahun ke tahun.
Pemandu Wisata berasal dari masyarakat setempat di Gamaran, dan desa-desa tetangga seperti Lubuk Munti, Gantiang, Sikayan dan Pasia Laweh. Masyarakat lebih memilih menjadi pemandu dari pada menebang kayu di hutan, karena resiko yang dihadapi lebih berbahaya menebang kayu dari pada menjadi pemandu.
Masyarakat yang dulunya tidak memiliki pengetahuan tentang kepemanduan, dan dulunya ketika awal mula memandu masyarakat hanya mengantar pengunjung, tanpa memberi informasi yang lengkap kepada pengunjung. Melihat kondisi ini saya dan teman-teman, mengadakan pelatihan pemandu secara mandiri bagi pemandu wisata Nyarai, serta bekerjasama dengan instansi terkait dalam hal pelatihan kepemanduan. Berikut dokumentasi kegiatan pelatihan pemandu yang kami lakukan.
Kita juga bekerjasama dengan National Gaographic untuk pengembangan wisata, penelitian, liputan media dan pengembangan SDM masyarakat setempat. Kerjasama ini kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan pemandu, pengelolaan, pelestarian hutan dan pengembangan destininasi wisata.

Liputan Media
Hampir semua media telivisi, elektronik dan beberapa media cetak telah meliput kegiatan wisata di Air Terjun Nyarai. Beberapa media ada yang khusus meliput profil saya dalam pemberdayaan masyarakat dan media lainnya tentang keindahan wisatanya. Hal ini sangat membantu sekali dalam promosi wisata dan yang dirasakan adalah penambahan jumlah kunjungan ke Air Terjun Nyarai.
Kunjungan Wisatawan
Peminat wisata ke Air Terjun Nyarai dari awal buka sampai pertengahan bulan Agustus 2015 adalah 54.347 orang. Sedangkan kunjungan tertinggi pada bulan Maret 2014 dan rata-rata kunjungan terbanyak adalah pada bulan februari 2014 sampai Juni 2014. Berikut datanya. Dari tahun 2013-2014 trendnya terus meningkat, tapi pada tahun 2015-2016 pengunjung menurun dan stabil pada angka kunjungan 1.500 orang/bulan. Total pengunjung sampai bulan maret 2016 adalah 60.882 orang.

Kegiatan dan Prestasi
Foto saat juara 2 Lomba Pokdarwis tk Nasional di Toraja
             Ada beberapa prestasi yang telah diraih baik secara perorangan atau kelompok, sejak nyarai dirintis menjadi objek wisata sampai sekarang. Prestasi ini sebagai wujud apresiasi dari pihak terkait baik pemerintah ataupun swasta terhadap kegiatan kita dilapangan dan dukungan masyarakat setempat, diantaranya adalah. Meraih Juara 1 Pemuda Pelopor bidang Pariwisata dan Budaya tk Sumatera Barat, Juara harapan 1 Pemuda Pelopor Bidang Pariwisata dan Budaya tk Nasional, Juara 2 Kelompok Sadar Wisata tk Nasional, Juara 2 Wirausaha Muda Pemula Mandiri tk Sumbar, Juara 1 Inovasi Manajemen Lingkungan, Finalis Paga Award, Finalis Frans Seda Award,  dan Juara 1 EOCA yang bekerjasama dengan CLI Indonesia. 
          Selanjutnya sudah menjadi tugas saya untuk menebar kebaikan kebeberapa tempat di Sumatera Barat dan Sumatera. Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Sumbar, Dinas Pariwisata Kab/Kota di Sumbar dan Kementrian Pariwisata, untuk sharing kepeloporan di Nyarai, menggalakkan wisata berbasis masyarakat dan penguatan kelompok Sadar Wisata. Sudah tiga provinsi yang kita dukung dalam pengembangan pokdarwis diantaranya Aceh, Kepri dan Sumbar.



Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku - https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku

2 comments:

  1. weekend ini pengen nyobain ke Nyarai, oleh pengelola nya boleh bawa anak/bayi gak ya ???

    di sumbar ini masih banyak tempat wisata alam yg kalo bawa bayik gak dibolehin ama pengelolanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKI SOLEH JAFFAR dan dia memberikan nomor AKI SOLEH JAFFAR,dia bilan kepada saya kalau AKI SOLEH JAFFAR bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI SOLEH JAFFAR dan dengan senan hati AKI SOLEH JAFFAR ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH JAFFAR,di ((( 0853 7778 3331 ))) saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKI SOLEH JAFFAR, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya KLIK DISINI


















































      saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKI SOLEH JAFFAR dan dia memberikan nomor AKI SOLEH JAFFAR,dia bilan kepada saya kalau AKI SOLEH JAFFAR bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI SOLEH JAFFAR dan dengan senan hati AKI SOLEH JAFFAR ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH JAFFAR,di ((( 0853 7778 3331 ))) saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKI SOLEH JAFFAR, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya Atau KLIK DISINI

      Delete

AYO BERWISATA DAN BERPETUALANG DI LUBUK ALUNG